top of page

Baik untuk Rambut, Ini 6 Khasiat Lain Aloe Vera bagi Kulit Wajah

Updated: Nov 17, 2021


Aloe Vera (Unplash.com)


Selain bermanfaat untuk kesehatan rambut, Aloe Vera atau Lidah Buaya juga mengandung beragam nutrisi ynag ampuh untuk menjaga kesehatan wajah. Tanaman yang berasal dari daerah Meidterania ini mempunyai sejarah panjang dalam mengatasi permasalah kulit.


Berikut 6 manfaat lidah buaya untuk kesehatan wajah yang dapat kalian aplikasikan dalam kehidupan sehari – hari.


1. Mengobati Jerawat yang Meradang

Gel aloe vera memiliki efek anti-peradangan, hal ini dapat membantu meredakan jerawat yang meradang, seperti pustula dan nodula. Untuk penggunaannya cukup usapkan gel pada area jerawat menggunakan kapas tiga kali sehari.


2. Menghaluskan Permukaan Kulit

Selain dapat membuat wajah tampak putih dan cerah, aloe vera juga dapat membantu mengangkat sel – sel kulit mati serta menggantinya dengan sel – sel kulit baru yang tentunya lebih sehat dan kuat. Hal ini dikarenakan aloe vera mempercepat pembelahan sel – sel keratinosit yang akan menghaluskan pemukaan kulit.


3. Mengatasi Kulit kering

Gel aloe vera mampu meresap dengan cepat ke dalam kulit, hal ini teruji dapat membantu mengatasi kulit kering. Kemampuan gel aloe vera ini juga cocok untuk mengatasi masalah kulit berminyak.

Cukup oleskan gel aloe vera ke wajah setelah mandi sebagai pengganti pelembap. Sebagai alternatifnya kalian dapat menggunakan spray wajah yang mengandung gel aloe vera di tengah hari atau ketika wajah terasa kering. Perlu diperhatikan untuk menghindari penggunaan aloe vera pada area yang sensitif seperti mata, mulut atau hidung.


4. Mengobati Luka Gores

Aloe vera memiliki kandungan kalsium dan antioksidan yang dapat mempercepat dan memperkuat jaringan kulit. Hal ini efektif untuk mengatasi luka gores pada kulit wajah.

Oleskan gel aloe vera pada area yang luka setidaknya seminggu tiga kali. Hal ini juga dapat mengurangi rasa nyeri serta sensasi terbakar.


5. Pembersih Makeup Alami

Karena teksturnya yang lembut, gel aloe vera dapat digunakan sebagai pembersih make up alami. Bersihkan bagian daging aloe vera kemudian haluskan. Oleskan gel aloe vera ke wajah menggunakan handuk berbahan lembut untuk membersihkan sekaligus melembabkan kulit. Biarkan hingga kering, lalu basuh dengan air hangat.


6. Menunda Tanda – Tanda Penuaan

Aloe vera dipercaya dapat menunda tanda – tanda penuaan. Untuk kulit wajah, aloe vera dapat memperlambat kulit keriput akibat aktivitas fibroblast yang berperan untuk meningkatkan produksi kolagen dan serat elastin. Aloe vera juga memiliki kandungan seng yang dapat mengencangkan pori – pori wajah.


Meski tumbuhan aloe vera mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tidak semua orang memiliki kulit yang cocok. Maka dari itu dianjurkan untuk mencoba dengan porsi yang sedikit terlebih dahulu. Segera bilas dengan air bersih jika muncul gejala – gejala seperti gatal, perih maupun timbul bercak kemerahan pada bagian yang dioles aloe vera.


Penulis : Ilham Andy Hadi P.

10 views0 comments

Comments


bottom of page